Selain Anacetin Sirup, Ini Cara Atasi Demam Anak

Demam yang ringan ataupun sedang pada anak biasanya tidak perlu menyebabkan kekhawatiran tersendiri. Demam merupakan cara tubuh untuk mengaktifkan sistem pertahanan guna melawan infeksi virus dan bakteri. Biasanya, anak dapat mengatasi suhu tubuh hingga 38 derajat Celcius dengan mudah. Bahkan, demam ringan pada anak biasanya dapat diatasi menggunakan home remedies atau perawatan rumahan dan obat OTC seperti anacetine sirup. Namun, apabila demam anak tidak kunjung sembuh atau malah bertambah parah meskipun perawatan dan pengobatan sudah dilakukan, ada baiknya untuk memeriksakan anak ke dokter guna mendapatkan diagnosis dan perawatan yang dibutuhkan. 

Anacetine Batuk & Flu Sirup 60 ml digunakan untuk meringankan demam, sakit kepala dan bersin-bersin yang disertai batuk.

Demam ringan hingga sedang pada anak dapat diatasi menggunakan anacetine sirup. Namun, demam yang tinggi jauh lebih berbahaya terjadi pada anak dibandingkan dengan orang dewasa. Hubungi dokter segera apabila anak Anda berusia 0-3 bulan dan memiliki suhu dubur 38 derajat Celcius atau lebih, berusia 3 hingga 6 bulan dengan suhu lebih dari 39 derajat Celcius dan mudah rewel atau mengantuk, serta berusia 6 hingga 24 bulan dengan suhu dubur lebih dari 39 derajat Celcius yang berlangsung selama beberapa hari. Jika anak memiliki gejala lain seperti ruam, batuk, atau diare, Anda juga perlu menghubungi dokter secepatnya. 

Minum banyak air

Selain menggunakan anacetine sirup, para orang tua juga harus memastikan anak mereka mendapatkan cukup asupan air. Demam virus menyebabkan tubuh terasa lebih hangat dibandingkan dengan biasanya. Hal ini akan menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan keringat sebagai upaya pendinginan. Namun, hal ini juga menyebabkan hilangnya cairan, yang mana dapat menyebabkan dehidrasi. Cobalah untuk minum sebanyak mungkin ketika Anda menderita demam untuk mengganti cairan yang hilang. Tidak hanya air putih saja, jus, minuman olahraga, kaldu, sup, dan teh tanpa kafein juga bisa digunakan untuk mengganti cairan. Bayi dan balita juga bisa mendapatkan manfaat dari minuman formulasi elektrolit khusus, seperti Pedialyte. 

Cukup istirahat

Demam akibat virus merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha untuk melawan infeksi. Pastikan Anda atau anak mendapatkan istirahat yang cukup. Bahkan jika Anda tidak bisa beristirahat di siang hari, hindari aktivitas fisik yang terlalu keras. Cobalah untuk mendapatkan tidur sekitar 8 hingga 9 jam per hari. 

Obat-obatan OTC

Penurun demam over-the-counter seperti anacetine sirup merupakan cara termudah bagi orang tua untuk menurunkan demam anak. Sebagai tambahan menurunkan demam sementara, obat ini akan membantu si kecil merasa lebih nyaman. Pastikan anak Anda tetap mendapatkan banyak istirahat, bahkan ketika ia sudah merasa baikan setelah beberapa jam minum anacetine sirup. Selain anacetin sirup, penurun demam OTC lainnya adalah acetaminophen, ibuprofen, aspirin, dan naproxen. Namun, jangan pernah memberikan aspirin untuk anak-anak karena dapat meningkatkan risiko sindrom Reye, yang mana merupakan sebuah kondisi langka dijumpai namun sangat serius dan berpotensi mengancam nyawa. Anda juga tidak boleh memberikan obat dalam dosis melebihi apa yang direkomendasikan oleh produsen. Konsumsi berlebih dapat menyebabkan pendarahan pada perut, kerusakan hati, dan gangguan ginjal. 

Selain anacetin sirup, orang-orang juga sering menggunakan perawatan herbal untuk menurunkan demam. Penting untuk diingat bahwa suplemen herbal tidak memiliki cukup bukti atau studi yang cukup pada manusia. Sehingga tingkat efektivitas dan keamanan suplemen herbal pada anak-anak masih belum diketahui. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kondisi anak, perawatan apa yang perlu dilakukan, dan kekhawatiran lainnya, hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *