Ketahui Prosedur Skrining TBC di Klinik Prodia Magelang

Skrining TBC yang merupakan salah satu layanan di Klinik Prodia Magelang ini merupakan cara yang dapat digunakan untuk memeriksa atau melihat apakah Anda telah terinfeksi TBC atau tidak. TBC sendiri merupakan suatu penyakit yang diakibatkan karena infeksi bakteri serius yang terutama memengaruhi fungsi paru-paru. Selain itu, TBC juga dapat memengaruhi bagian lain dari tubuh, termasuk otak, tulang belakang, dan ginjal. TBC dapat menyebar dari orang ke orang melalui batuk atau bersin.

Tidak semua orang yang terinfeksi TBC bisa menjadi sakit. Beberapa orang memiliki bentuk infeksi yang tidak aktif yang disebut TBC laten. Ketika Anda memiliki TBC laten, Anda tidak merasa sakit dan tidak dapat menularkan penyakit kepada orang lain.

Banyak orang dengan TBC laten tidak pernah mengalami gejala penyakit apapun. Tetapi bagi orang lain, terutama mereka yang memiliki atau mengembangkan sistem kekebalan yang lemah, TBC laten dapat berubah menjadi infeksi yang jauh lebih berbahaya yang disebut TBC aktif . Jika Anda menderita TBC aktif, Anda mungkin merasa sangat sakit. Selain itu, Anda juga dapat menyebarkan penyakit ini ke orang lain. Tanpa pengobatan, TBC aktif juga dapat menyebabkan penyakit serius atau bahkan kematian.

Ada dua jenis tes TBC yang digunakan untuk skrining: yaitu tes kulit TBC dan tes darah TBC. Tes ini dapat menunjukkan apakah Anda pernah terinfeksi TBC atau belum. Tes ini juga tidak menunjukkan apakah Anda memiliki infeksi TBC laten atau aktif. Oleh karena itu, perlu melakukan tes lebih lanjut untuk mengonfirmasi atau mengesampingkan diagnosis.

Kegunaan Tes Skrining TBC

Skrining TBC yang dapat dilakukan di Klinik Prodia Magelang ini dapat digunakan untuk mencari infeksi TBC pada sampel kulit atau darah. Skrining dapat menunjukkan apakah Anda telah terinfeksi TBC atau tidak. Akan tetapi tes ini tidak dapat menunjukkan apakah TBC yang dialami laten atau aktif.

Mengapa Harus Melakukan Skrining TBC?

Anda mungkin memerlukan tes kulit TBC atau tes darah TBC jika Anda memiliki gejala infeksi TB aktif atau jika memiliki faktor-faktor tertentu yang membuat Anda lebih berisiko terkena TB.

Prosedur Skrining TBC

Skrining TBC dapat berupa tes kulit TB atau tes darah TB. Tes kulit TB lebih sering digunakan, tetapi tes darah untuk TB juga dapat dilakukan. Penyedia layanan kesehatan akan memberi rekomendasi jenis tes TB mana yang terbaik untuk Anda.

Untuk tes kulit TB (juga disebut tes PPD), Anda memerlukan dua kali kunjungan. Pada kunjungan pertama, petugas kesehatan akan melakukan hal sebagai berikut:

Membersihkan lengan bagian dalam Anda dengan larutan antiseptik

Menggunakan jarum kecil untuk menyuntikkan sejumlah kecil PPD di bawah lapisan pertama kulit. PPD sendiri merupakan protein yang berasal dari bakteri tuberkulosis. Akan tetapi, PPD bukan merupakan bakteri hidup, dan tidak akan membuat Anda sakit. Kemudian, benjolan kecil akan terbentuk di lengan bawah Anda, dan akan hilang dalam beberapa jam.

Setelah 48-72 jam, Anda akan kembali ke tempat di mana Anda mendapatkan pemeriksaan awal. Selama kunjungan ini, petugas kesehatan akan memeriksa tempat suntikan untuk mengetahui reaksi yang mungkin mengindikasikan infeksi TB. Hal ini termasuk pembengkakan, kemerahan, dan peningkatan ukuran.

Untuk tes TB dalam darah (juga disebut tes IGRA), seorang petugas kesehatan akan mengambil sampel darah dari vena di lengan menggunakan jarum kecil. Setelah jarum dimasukkan, sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung reaksi atau vial. Anda mungkin merasa sedikit tersengat saat jarum masuk atau keluar. Ini biasanya memakan waktu kurang dari lima menit.

Hasil Tes Skrining TBC

Jika tes kulit atau tes darah TB menunjukkan adanya infeksi TB, petugas kesehatan akan memesan lebih banyak tes untuk membantu membuat diagnosis. Anda mungkin juga memerlukan pengujian lebih lanjut jika hasilnya negatif, tetapi Anda memiliki gejala TB dan/atau memiliki faktor risiko tertentu untuk TB. 

Untuk Anda yang memerlukan skrining TBC, Anda bisa mendapatkannya di rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan tersebut, seperti Klinik Prodia Magelang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No. 36 A, Gelangan, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116. Klinik Prodia Magelang memiliki jam operasional mulai hari Senin sampai Jumat pukul 06.00-20.00 dan hari Sabtu pukul 06.00-16.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *