Kandungan dalam Skincare untuk Kulit Kusam

Kulit kusam dan belang dapat dialami oleh semua jenis kulit. Kulit kusam dan belang biasanya disebabkan oleh minyak dan kotoran yang menumpuk, penggunaan kacamata, helm dan lainnya. Kulit kusam dan belang dapat disertai dengan noda hitam, penuaan dini, bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. 

Pemilik kulit kusam dan belang membutuhkan skincare yang dapat membersihkan, melembapkan, mencerahkan dan meratakan warna kulit secara efektif. Berikut 6 kandungan skincare untuk kulit kusam dan belang. 

1. Vitamin C 

Vitamin C merupakan kandungan skincare yang kaya akan antioksidan dan dikenal lama dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit secara efektif. Kandungan ini bekerja dengan cara membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga flek hitam dan bekas jerawat tersamarkan.  

Mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah tampak cerah merata. Vitamin C bersifat antiinflamasi sehingga dapat mencerahkan wajah yang kemerahan. Kandungan antioksidan tinggi di dalam vitamin C membantu meningkatkan kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, memperbaiki efek dari paparan sinar matahari; salah satu penyebab kulit wajah tampak kusam. Selain tersedia dalam bentuk serum, skincare vitamin C juga ada dalam bentuk lain

2. Niacinamide 

Niacinamide atau vitamin B3 juga sudah dikenal lama dapat mencerahkan kulit kusam dan meratakan warna kulit yang belang secara efektif. Kandungan ini bekerja dengan cara melawan bakteri pada kulit wajah, mengontrol minyak berlebih dan meredakan kemerahan.

Niacinamide juga bekerja dengan cara mengurangi munculnya bintik hitam dan perubahan warna kulit sehingga kulit cerah merata.  Niacinamide adalah salah satu jenis Vitamin B3. Manfaatnya antara lain melembapkan, memperkuat pertahanan kulit, memperbaiki tekstur dan warna kulit tidak merata, menghaluskan kerut, dan mencerahkan wajah kusam. 

3.  Glutathione

Kandungan skincare yang kaya antioksidan ini bekerja dengan menghambat produksi melanin sehingga kulit terlihat lebih cerah. Tak hanya itu, glutathione juga melembapkan kulit dan membuatnya tampak kenyal, sehingga cocok digunakan untuk kulit yang cenderung kering yang rawan keriput.

4. Alpha Arbutin

Kandungan ini prosesnya diperoleh melalui ekstraksi daun dari bearberry yang memiliki antioksidan tinggi. Bahan ini melindungi kulit dari penggelapan kulit akibat sinar UV dan menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Sedangkan alpha arbutin berasal dari ekstrak bearberry yang terkenal dengan kemampuannya untuk mencerahkan kulit. Kandungan ini sangat efektif jika dibandingkan dengan beta arbutin.

5. Phytic Acid

Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah adanya kandungan mineral pada air. Jadi saat mencuci wajah, residu dari zat-zat mineral yang ada pada air bisa menempel dan merusak kulit. Oleh karena itu, para ahli menyarankan kita untuk rajin melakukan eksfoliasi. 

Selain mengangkat sel-sel kulit mati, eksfoliasi juga bisa menghilangkan residu air yang bisa membuat kulit tampak kusam. Agar proses eksfoliasi berjalan maksimal, coba pilih produk perawatan kulit dengan kandungan phytic acid yang bisa mengangkat residu kandungan seperti kalsium dari air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *